CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Minggu, 09 Mei 2010

Best Friends Forever

Walking with a friend in the dark is better than walking alone in the light --
Helen Keller

Aku punya sahabat-sahabat yang sudah selama 12 tahun kami berteman baik. Kami dipertemukan dan dipererat sewaktu kuliah Program Diploma III Komunikasi - FISIP UI angkatan 1998 (ketahuan dah tuanya..).
Pada masa MABIM (Masa Bimbingan) kampus dahulu (masih kebagian `jatah` kuncir rambut, bawa macem-macem barang, disuruh datang ke kampus jam 6 pagi, lari keliling kampus, dll) kami diperkenalkan dengan Unit Kegiatan Mahasiswa bernama Persekutuan Oikumene Sivitas Akademia atau yang disingkat POSA dimana persekutuan ini sebagai wadah bagi mahasiswa, dosen dan karyawan yang beragama Kristen dan Katolik untuk beribadah

Kenal lebih dekat lagi setelah kami mengikuti retreat mahasiswa baru, sebagai tindak lanjut dari retreat tersebut dibentuklah Kelompok Kecil yang disingkat KK. Di dalam KK ini ada pembimbing nya yaitu senior angkatan 1996 yang sudah lebih dahulu mengikuti pembinaan untuk dapat membina adik-adik tingkat (yaitu kami) untuk sama-sama belajar lebih lagi pengenalan akan Tuhan.

Jadilah kami ber 5 disebut anak KK terdiri dari : Lingkan, Roni, Yuli,  Yanci (stela), Tiur dipimpin 1 orang bernama Lukita bisa dipanggil Ita atau mami sepakat untuk memberi nama KK kami dengan nama KK El-Shaddai. (artinya kami tak pernah takut, cemas, bimbang dan gentar karena yakin Tuhan Yesus, Allah mulia yang pimpin)


Berdiri ki-ka : Roni, Kak Ita (pemimpin KK), Tiur
Bawah ki-ka : Yuli, Yanci (nama panggilan waktu kuliah), Lingkan


Kegiatan kami memang lebih banyak pendalaman Alkitab bersama dan membangun kerohanian baik itu untuk pribadi, lingkup kelompok kecil sampai dalam lingkup temen-temen jurusan dan kampus. Bagaimana kami bisa terbuka, memberikan pendapat dan masukan untuk setiap pergumulan masing-masing.
Setiap sesi pertemuan KK biasanya diadakan seminggu sekali di tempat bergantian. Kebetulan 4 diantara kami kost jadilah kami kadang mengadakan pertemuan di kos atau juga di pojok kampus.

foto dulu ah di halaman kampus sehabis pertemuan

selalu kalau foto kami ambil urutan berdasarkan umur
Ki-ka : Lingkan, Roni, Yuli, Yanci, Tiur

Sekilas mengenai masing-masing (urutan berdasarkan umur) :

Kak Ita
: Mengambil jurusan Administrasi Negara program reguler FISIP UI, cewek batak bermarga Ginting ini orang nya baik banget dan (seingatku) gak pernah marah dan sabar menghadapi kami walau kami anak2 KK kadang kami males-malesan untuk ikut pertemuan.
Kak Ita selalu siap dengan segudang nasihat dan memang orangnya selalu siap sedia dimanapun-kapanpun untuk jadi teman curhat dikala sedih atau teman jalan dikala senang (komplit..plit)

Lingkan : Cewek menado ini orangnya pendiam dan lembut sampai-sampai suaranya juga pelan. Terkadang memang butuh tenaga pendengaran ekstra untuk bisa dengar setiap kali dia angkat bicara. Selain itu orangnya tertutup tapi tergantung pendekatan kita, akhirnya bisa terbuka juga kok.

Roni : Nama lengkapnya Yunita Veronika, berhubung nama panggilan vera, yuni, ita, ika udah banyak dengan rela hati dia dipanggil Roni. Cewek blasteran Ambon, sunda dan cina ini orangnya paling rame, nyablak dan juga ceplas-ceplos. Fashionista dan sepatulista diantara kami, jadi kalau mau padu padan baju dan sepatu ke kampus konsultasi dulu sama dia.

Yuli : Cewek batak bermarga Situmorang yang identik dengan rambut panjang dan kacamata ala betty La fea orangnya juga rame dan lucu. Cara ketawanya yang khas ngakaknya tanpa berhenti suka jadi bahan banyolan kita.

Tiur : Dari namanya udah bisa ditebak dong dia orang apa?agak tomboy dengan pembawaan santai tapi manja (karena dia anak bungsu) bisa diandalkan sebagai teman curhat. 3 tahun kami di SMA yang sama dan kost di tempat kost yang sama juga membuat kami memang jadi tambah dekat.


Tidak hanya dekat di lingkup KK tetapi kami juga dekat di kelas. Dengan Yuli dan Tiur, kami sama-sama kost dan rumahnya sama-sama di daerah Tanjung Priok jadi weekend selalu bareng naik bis kalau mau `mudik`. Kalau lagi gak `mudik` biasanya aku main sampai nginap di rumah Roni di Depok Lama. Karena memang keluarganya juga welcome sama aku kalau aku nginap yah aku jadi betah deh. Pernah satu waktu kami dalam masa penyusunan Tugas Karya Akhir, aku nginap di rumah Roni sampai berhari-hari karena pinjam komputer.

Dandan rapih ala wanita kantoran saat Ujian akhir mata kuliah Table Manner
di (dahulu) Hotel Indonesia


Masa kuliah program D3 memang sangat singkat hanya 3 tahun ditambah Kak Ita yang tidak sejurusan dan seangkatan dengan aku membuat kami tidak bisa diwisuda bersama.

Setelah lulus program Diploma 3 kami mencoba untuk ikut tes masuk program ekstention S1 di FISIP juga. Tapi ternyata kehendak Tuhan lain, kami tidak ada yang lulus tes tersebut. Maka terpisahlah kami. Seingatku di tahun tersebut aku, roni, dan lingkan langsung diterima bekerja dan kami berjanji di tahun berikutnya (tahun 2002) kami akan coba tes masuk lagi. Kenapa tetap pilih di kampus dan fakultas yang sama?karena ada yang namanya penyetaraan SKS sehingga kami untuk mendapat gelar Sarjana tidak membutuhkan jumlah SKS yang banyak dan juga berarti waktu tempuh kelulusan lebih cepat.
Singkat cerita, di tahun 2002 kami mencoba kembali tes masuk tetapi hanya aku yang diterima yang lain akhirnya memilih bekerja.

Dan mulailah kami masing-masing sibuk dan apalagi tahun 2002an internet belum semudah sekarang, jadi komunikasi kami hanya lewat telpon atau email untuk berkirim kabar. Padahal masih di kota yang sama tetapi untuk waktu yang sama untuk bisa semuanya berkumpul itu sulit sekali. Kadang 6 bulan sekali itu pun tidak selalu semuanya bisa lengkap. Apalagi Lingkan memilih bekerja di luar negeri.

Kalaupun kami berkumpul tempat yang paling mudah dijangkau, strategis dan semua ada yaitu di Mall (standar yah ). Kalau kami sudah kumpul itu karena apa dan ngapain aja?

1. Biasanya untuk perayaan ulang tahun, yang berdekatan ulang tahunnya dirayakan bareng.

Ultah Yuli dan Roni - MKG3 - Juli 2008
formasi lengkap

2. Pengucapan syukur karena ada yang naik jabatan atau karena ada yang dapat kerjaan baru
Pengucapan syukur Roni udah selesai training selama 8 bulan di tempat kerjanya
Grand Indonesia - Mei 2009 - Minus Tiur dan Lingkan
3. Karena kangen udah lama gak ketemu, biasanya dadakan aja dan di hari kerja. Pagi tinggal FB danYM atau juga sms satu persatu. Tingkat kesuksesan untuk acara dadakan ini 75 %. Paling sering sih personil gak komplit. Contohnya hari Rabu yang lalu secara mendadak aku invite semua untuk ketemuan di Plaza Semanggi buat bantuin aku cari sepatu. Hasilnya bisa hadir dan ketemuan deh
Plangi 6 May 2010 - Temu kangen - Minus Tiur
4. Yang tidak pernah dilewatkan dan selalu menjadi tradisi yaitu perayaan Natal dan Tahun Baru di rumah salah satu diantara kami dan berganti-gantian.


Natal 2007 - Rumah Kak Ita - Minus Yuli


Natal 2008 - Rumah Yuli - Minus Lingkan

Natall 2009 - Rumah Roni - minus Lingkan
(banjir hadiah :D )

5. Jalan-jalan

Baru 2 kali sih kita arrange jalan-jalan. Itupun yang deket-deket dan murah meriah

BANDUNG - MARET 2008

Kalau tidak salah waktu itu pergi karena ada hari libur Jumat, makanya kita pergi cuma 2D/1N saja. Dari Jakarta naik travel, berhubung rumah kita berjauhan maka diputuskan untuk bertemu langsung di Bandung. Aku berangkat sendiri, Kak Ita dan Roni berdua. Jalan-jalannya hanya seputar jalan braga, ciwalk dan paskal *itu mah tempat makan semua*

KOTA TUA JAKARTA - JULI 2009

Lagi-lagi ide jalan-jalan ini tercetus dari aku (bener gak yah??lupa juga ..heheh) tapi untungnya langsung diiyakan oleh yang lainnya. Karena hanya seputaran kota tua saja, jadi kita janjian tidak terlalu pagi dan tidak terlalu siang di hari sabtu sekitar jam 11an di stasiun kota. Tujuannya yaitu Musium Bank Mandiri dan Musium Fatahilah. Jadilah peserta hari itu adalah Kak Ita, Lingkan, Yuli dan aku.




So, What is next destination of our meeting?

0 komentar:

Posting Komentar

Always love your sharing comment